TATA TERTIB PERSIDANGAN

Tata Tertib Persidangan

TATA TERTIB PERSIDANGAN

 

                Pihak Pengadilan Agama Sukabumi memiliki tata tertib yang harus ditaati oleh semua orang yang memasuki gedung Pengadilan Agama Sukabumi. Tata tertib tersebut adalah sebagai berikut :

 1.   Ketua Majelis Hakim bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban dari semua pihak yang hadir di ruang sidang. Semua yang hadir di ruang         sidang harus menaati semua perintah yang dikeluarkan oleh Ketua Majelis Hakim.

 2.   Selama sidang berlangsung , pengunjung sidang harus duduk dengan sopan dan tertib ditempatnya masing-masing dan memelihara ketertiban dalam ruang sidang.

 3.   Mengenakan pakaian yang sopan, untuk wanita sangat disarankan untuk memakai busana yang muslimah.

 4.   Berbicara dengan suara yang jelas ketika seorang hakim mengajukan pertanyaan.

 5.   Para Pihak dilarang makan, nimum, merokok, membaca Koran, atau melakukan tindakan yang dapat mengganggu jalannya sidang (HP agar dimatikan/ tidak menelpon atau menerima telepon via HP).

 6.   Bagi yang membawa barang tersebut diatas harus ditetapkan kepada petugas keamanan sidang untuk diamankan.

 7.   Dalam ruang sidang siapapun harus menunjukan rasa hormat terhadap Pengadilan.

 8.     Untuk melakukan rekaman baik kamera, tape recorder maupun viderecorder, di mohon untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada Majelis Hakim.

Para pengunjung yang datang ke ruang sidang untuk melihat jalannya sidang perkara, tetapi bukanlah merupakan saksi atau terlibat dalam sidang perkara tersebut, diharapkan untuk mematuhi berbagai ketentuan sebagai berikut:

  • 1.  Wajib menghormati institusi Pengadilan seperti yang telah disebutkan diatas.
  • 2.  Wajib menaati semua tata tertib yang telah disebutkan diatas.
  • 3.  Dilarang berbicara dengan pengunjung yang lain selama sidang berlangsung.
  • 4. Dilarang berbicara memberikan dukungan atau mengajukan keberatan atas keterangan yang diberikan oleh saksi selama persidangan.
  • 5. Dilarang memberikan komentar/saran/tanggapan terhadap sesuatu yang terjadi selama persidangan tanpa ijin Majelis Hakim
  • 6. Dilarang berbicara keras diluar ruang sidang yang dapat menyebabkan suara masuk ke ruang sidang dan mengganggu jalannya persidangan.
  • 7. Dilarang keluar masuk ruang persidangan untuk alasan-alasan yang tidak perlu karena akan mengganggu jalannya persidangan.
  • 8. Pengunjung yang ingin masuk atau keluar ruang persidangan harus meminta ijin kepada Majelis Hakim.